TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rangkaian Kegiatan HUT Kabupaten Tanggamus Ke-26 Dinas Pariwisata Menggelar Acara Pangan Balak

Jatim Aktual Tanggamus,| Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanggamus yang ke 26, Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pariwisata menggelar acara pangan balak yang berlangsung di GOR Ratu didusun waysom Pekon Ketagung kampung Kecamatan Kotaagung. Senin (20/3/2023)

Nampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati AM. Syafi’i. Ketua DPRD dan para Anggota DPRD, Porkofimda ,Sekdakab, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Unsur Vertikal BUMN, BUMD, Ketua TP PKK Tanggamus ketua Dharma Wanita Persatuan,Camat se Tanggamus beserta Ketua TP PKK Kecamatan, Lurah, Abdesi, para kepala Pekon, MPAL, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan tamu undangan pangan balak.

Bupati Dewi Handajani, dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan Pangan Balak atau Pangan Agung tersebut merupakan suatu kegiatan yang sudah sekian lama telah di tiadakan, yang di sebab oleh bencana Pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia tak terkecuali Kabupaten Tanggamus.

Rangkaian Kegiatan HUT Kabupaten Tanggamus Ke-26 Dinas Pariwisata Menggelar Acara Pangan Balak.

“Syukur Alhamdulillah pada hari ini kita
telah bisa melaksanakannya dalam suasana gembira dan sukacita di ikuti oleh elemen dan komponen masyarakat Kabupaten Tanggamus dari seluruh 20
kecamatan,”Sambutnya

Bupati juga melanjutkan, bahwa Pangan Balak yang telah di laksanakan dengan meriah dan sukses pada siang hari tersebut merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan yang ada, dimana seluruh komponen masyarakat menyambutnya dengan antusiasme.

“Adapun beberapa rangkaian acara tersebut mulai dari gelaran Karnaval budaya serentak, kegiatan seruling emas serentak, pameran pembangunan dan UMKM tanggamus Expo, serta kegiatan-kegiatan lainnya, dan tadi pagi kita juga telah melaksanakan Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka HUT Tanggamus ke-26, dan kemudian dilanjutkan acara Pangan Balak ini,”Ujar Bupati

Masih dengan penjelasan Bupati, bahwa Pangan Balak, merupakan salah satu dari bentuk ragam budaya daerah Lampung yang wajib untuk dilestarikan khususnya di Bumi Begawi Jejama, hal tersebut sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelestarian Tradisi.

“Pangan Balak ini juga merupakan sebuah peristiwa budaya yang sangat unik yang lebih menekankan
pada arti sebuah Kebersamaan hal ini selaras dengan slogan dan motto kabupaten kita yaitu “Begawi Jejama”,

“Yang mempunyai makna untuk bekerja secara bersama-sama, dan selain sebagai wahana dalam rangka melestarikan budaya bangsa, karena acara pangan balak ini juga dapat dijadikan sebagai media untuk
memperkenalkan kekayaan budaya
daerah Tanggamus kepada publik secara luas,”Tutupnya

Editor: Sugeng hariya