TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Semarak Festival Batik Blitar Keren Dua Di Plataran Istana Gebang

Jatim Aktual Blitar, | Perjalanan Batik Blitar di tahun 2023 ini sangat semarak, setelah pandemi sirna, kantong-kantong dunia kreatif menggeliat pesat, termasuk pelaku kreatif batik. Blitar yang dikenal sebagai kota Bung Karno punya tempat-tempat bersejarah selain makam Bapak Proklamator tersebut, juga ada Istana Gebang yang dulu juga rumah peninggalan Presiden pertama Indonesia itu.

 

Di Istana Gebang inilah mulai dari tgl 10 hingga malam puncak tgl 12 Maret 2023 selama tiga hari ini dihelat Gebyar pelaku Batik Blitar dengan tajuk “Festival Batik Blitar Keren 2″. Rangkaian acaranya ada pameran UMKM produk Batik khas Kota Blitar dan Produk Unggulan Kota Blitar lainnya, Pemilihan Putra Putri Batik Blitar, dan Lomba Desain Motif Batik Khas Kota Blitar.

 

Hadir Mantan Wapres ke sebelas Bapak Prof. Dr Budiono juga Bapak Walikota Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd. beserta jajaran Forkompinda kota Blitar. Sebagai malam puncak rangkaian acara Festival Batik Blitar Keren dua digelar dengan sangat memukau, bertempat di halaman depan Istana Gebang, minggu (12/3/2023).

 

Di depan patung sang Proklamator Bung Karno di buat panggung yang spektakuler. Panggung membentuk persegi panjang memanjang ke belakang dan tata lighting mengikuti bentuk panggung. Sebagai penampilan awal sebelum acra di buka ada rangkaian lagu” dibawakan penyanyi dg lincah dan menggugah semangat. Berikutnya adalah koreo tarian berjudul “Brata Adi Kara” yang dibawakan oleh anak-anak SMPN 1 Blitar rampak dan rancak dg iringan tata gending tradisional dalam tempo yang rancak.

 

Dalam mengawali sambutannya Walikota Blitar Santoso memberikan paparan “menggeliatnya pelaku kreativitas kota Blitar yang termasuk para perajin batik yang salah satunya kreasi dari pembatik Blitar digemari oleh pebasket Internasional karya dari rumah Batik Mawat Putih. Dan saat ini dalam rangkaian acr Festival Batik Blitar Keren 2 ini juga diadakan Lomba Desain Motif Batik Khas Kota Blitar yang nantinya desain motif yang juara 1 akan dijadikan motif batik khas Blitar dan dipakai seluruh warga kota Blitar.” Paparnya

Sambutan yang kedua oleh mantan wapres ke sebelas Budiono menjelaskan, ” sebagai pengelola Kota Blitar yang bersih dan pelaku UMKM nya yang punya kreativitas tinggi sebuah kota akan cepat maju dan dikenal secara regional dan Internasional.”

 

Dalam malam puncak inipun juga diberikan penganugerahan penghargaan kepada pemenang Lomba Desain Motif Batik Khas Kota Blitar yang sebelumnya peserta lomba yang mengirmkan karya ada sekitar 92 karya dari kota Blitar sendiri dan dari luar daerah Blitar, peserta yang terjauh dari Kalimantan dari kota Palangkaraya.

 

Dari 92 diambil 10 besar, dari 10 besar diambil 5 besar. Juri yang menilai karya yang masuk dalam 10 besar diambil 5 besar itu dinilai juri yang diambil dari luar kota. Juri dari luar kota tersebut adalah Bambang Sumardiuono owner Batik Nakula Sadewa Yogyakarta dan Setio Hadi Griya Batik Gayatri Tulungagung.

 

Dari lima besar karya tersebut adalah1. Motif Batik Prabha Balitar
2. Motif Batik Sekar Dharma
3. Motif Batik Patria Loka
4. Motif Batik Surya Blitar
5. Motif Batik Dipasari-Damar kurung. Sebagai rangkaian penutup acara malam puncak adalah pemilihan grand final Putra Putri Batik Blitar. (Esa/Har)

Penulis: Esa/harEditor: Sugeng hariya